Libur tlah tiba... libur tlah tiba....Hore! Hore! Hore!

Libur tlah tiba... libur tlah tiba....Hore! Hore! Hore!
Gitu kan bunyi syair lagunya Tasya.... Hayo pada mau ngapain siswa Indonesia libur hampir sebulan?
Buat anak kelas XI yang naik kelas XII selamat menjelang Ujian Nasional, Ujian akhir sekolah dan Ujian seleksi masuk perguruan tinggi yah.... emang masih lama. Tapi waktu akan terasa cepat bergulir lho.....
Selama liburan ini kita gunakan dengan bijak yuk! Apa yang bisa dilakukan?
1. Atur jadwal liburan sesuai prioritas. Pesantren kilat, jadwal mudik misalnya.
2. Kan pesantren kilat dan mudik gak sebulan penuh. Coba luangin waktu sehari buaaattt....,
  • Movie marathon. Biasanya banyak banget film yang asik buat di tonton selama musim liburan tuh.
  • Beresin isi lemari pakaian. Ayo sumbangkan pakaianmu yang jarang dipakai. Sekalian beramal di Ramadhan.
  • Nge-mall sama temen-temen asik buat ngabuburit.
  • Beresin kamar! Pilah-pilih barang yang terpakai atau tidak. Pisahkan buku-buku yang bisa menunjang kamu untuk belajar dikemudian hari.
  • One day without sosmed! And let be books day! Kamu udah jarang ato bahkan gak pernah baca buku satuuuu aja sampe tamat. Ayo kali ini baca buku! Olah raga matanya bukan depan layar leptop, hp ato televisi aja yah.... Baca buku itu mengurangi resiko pikun lho....
  • Biar gak awkward pas sekolah... masuk entar coba olahraga jari deh. Searching materi pelajaran apa yang sering keluar buat UN, US sama SNMPTN! Lirik-lirik dikit dan uji nyali! Cobain kerjakan soal-soal yang ada. Seberapa banyak yang bisa kamu jawab tanpa liat buku atau nyontek. Dengan begitu kamu bisa tanyakan kepada diri sendiri, kamu udah bisa apa selama kamu sekolah? Kalo cuma masuk sekolah karena sebuah keharusan bukan kebutuhan...coba tanya deh ke diri sendiri, sebenernya dalam hidup kamu...kamu mau apa.
  • Mumpung libur...mumpung Ramadhan juga.... yuk sama-sama mengevaluasi diri. TULIS! Kita selama ini udah ngapain aja, mau apa, dan gali juga kaji potensi apa yang kita punya serta yuk kerjain apa yang bisa kita kerjain sebisa mungkin.
  • Pastinya utamakan perbanyak amalan baik. Minta Ridho Allah untuk semua perbuatan kita, minta keberkahanNya dan mintalah yang terbaik kepadaNya.
  • Nyo make something special buat orang tua. Dari yang paling sederhana, menyiapkan minumnya saat berbuka atau pulang mereka bekerja. Perbanyak berjamaah bersama...
Sebenernya buanyak yang bisa dilakuin....yang menyenagkan untuk mengisi liburan.  Yang menyenangkan umumnya mudah dilakukan tapi yang bermanfaat belum tentu. Semoga liburan kali ini menyenangkan dan bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer