Ngabeledos teu karasa

Paling manteb kalo tidur abis solat subuh. Meneruskan mimpi yang tertunda karena mengutamakan sahur. Walo kata orang tua jaman dulu kalo tidur pagi rejeki dipatok ayam... ntar... tapi tidur kembali merupakan kenikmatan tiada tara. Ini adalah kisah kebiasaan si Icih;

"Beuh, emang dasar dilarang melanggar kata orang tua, kesiangan deh Icih bangunnya. Mana sekolah pagi... haduh...." Icih membatin ketika menatap wekernya yang payah. Payah karena tak dapat membangunkan seorang Icih.

Icih bangkit dari tidurnya. Lantas mencuci muka dan gak lupa gosok gigi, takut ada jengkol yang nyakngkut sisa saur tadi. Icih gak mandi lantaran takut kesiangan. Dia langsung ganti baju pake seragam. Clingak-clinguk nyari kunci motor dan STNK punya abangnya.

"Berhubung kesiangan, gak papalah pinjem motor walo Icih belom punya SIM daripada kesiangan."gumamnya dalam hati.

Neng Icih pun pergi tanpa pamit sama orang tuanya. Ijin minjem motor c abang juga enggak. Namanya juga Bandung heurin ku tangtung, Icih parno macet. Dia takut telat gara-gara pamitan doank sama Ema dan Papihnya, apalagi mesti ijin sama c abang motornya di embat.

Di jalan Icih senang bukan main. Jalanan kosong melompong kagak ada crawded-crawded-nya. Cewek satu itu langsung tancap gas menuju ke sekolah. Di tengah jalan ada nenek-nenek ampir keserempet sama dia. Bukannya minta maaf dia malah ngedumel, "Cik ateuh nini mun teu bisa meuntas mah cicing we di imah!"

Sesampainya di sekolahan Icih kebingungan. Pager sekolah digembok padahal baru jam 6.15. Dia gak kesiangan ataupun kepagian. Sambil garuk-garuk gak gatel, dia bertanya pada tukang sapu sekolahnya yang kebetulan baru datang,
"Mang, kenapa masih di kunci?"
"Kan libur ari Neng Icih...." jawab Mang Imin tukang sapu.
"Icih lupa mang!" sahutnya sambil menepuk jidat.

Aduh abang, ema, papih dan nini... maafin Icih. Bikin dosa teh meni meledos teu karasa. Pinjem motor gak bilang. Pergi gak pamit. Nyerempet kagak minta maaf. Buat hal konyol dan gak penting pula. Tuhan, semoga ini dosa pertama dan terakhir di bulan Ramadhan ini.

Komentar

Postingan Populer