Obrolan Pagi

Pagi-pagi kadang orang-orang pada nongkrong ngobrol nunggu mood biar hot dulu sebelum kerja.  Ada yang sambil ngopi-ngopi, atau baca koran sambil curi-curi denger. Gak efisien sih kerja kayak gitu....entahlah begitu suasana kantor gue di lantai satu.

Suatu pagi, gue sengaja langsung nyerobot koran buat buka kolom iklan. Gue nyari-nyari harga sewa apartemen yang baru bakal di bangun. Trus bagian pemasaran mandang gue dengan tatapan aneh.

"Apa Mas?" Tanya gue aga risih.
"Ini bukan hari Senin. Tumben semangat nyari korannya kayak hari Senin. Nyari apa Mba?"
"Oh, nyari harga apartemen."
"Mba kan belum nikah, buat apa apartemen?"

Dalam hati gue ngerasa bingung, apa hubungannya nikah sama harga apartemen.

"Ya buat dibeli atau disewalah"
"Buat siapa Mba?"
"Saya!"
"Kan Mba anak tunggal, buat apa beli apartemen? Tempat tinggal kan ada."
"Ya buat investasi sendiri."
"Enak banget calon suami Mba yah. Mba punya kerjaan dengan gaji lumayan, punya kendaraan, punya asuransi, punya tabungan...sekarang mau di tambah properti."
"Lha... Apa salahnya? Wong, saya cuma belajar mandiri."
"Mba kan perempuan."

Gue garuk-garuk kepala. Gak tahu mau jawab apa. Bingung dengan pemikiran dia. Well, menurut gue sih yah...mau perempuan atau laki-laki, mau anak tunggal atau bukan, sebaiknya kita belajar buat mandiri. Mau orang tua kita miskin atau kaya, kita gak bisa milih mau jadi anak orang kaya atau anak orang miskin. Bagi gue, gue pengen hidup layak. Berkecukupan. Apapun status gue yang belom nikah atau kelak gue udah nikah.

Gue tipe orang yang tidak mau bekerja sampe nenek-nenek. Kalo gue kelak udah jadi ibu, justru gue pengen jadi ibu rumah tangga aja. Berkarir puas-puasin mumpung masih lajang...belum punya tanggung jawab sebesar kalo gue udah jadi orang tua. Mengenai investasi...yah...gaji suami bakal gue terima dengan rasa syukur besar atau kecil. Nah...kalo gue punya mau buat beli ini itu untuk mensejahterakan keluarga, seengganya kalo punya tabungan kan bisa kebeli ngga nunggu atau terpaku sama penghasilan suami. 

Emangnya biaya buat menghidupi anak sekarang murah? Eh, gue aja anak tunggal dari keluarga berkecukupan...alhamdulillah... mikir dua ato tiga kali kalo belanja. Bukan cuma urusan perut sama penampilan tapi nutrisi otak alias buku-buku pelajaran dan fasilitas lainnya. Gue pengen punya buku lengkap jaman sekolah, kuliah kudu irit-irit nabung dulu...gak mau minta sama orang tua. Biar orang tua gue bisa nikmatin jerih payahnya buat umroh...jalan-jalan.

Gue nabung dari sekarang, karena gue tahu diri, gue doyannya traveling. Kan rempong kalo hobi gue jadi nyusahin suami. Ato logisnya bukan buat hobi deh, gimana kalo ntar anak gue pengen kuliah di luar negri, meski dia dapet beasiswa...seenggaknya gue pengen ngasih bekel yang layak gak pas-pasan. Buat semua itu kan butuh biaya yang gak sedikit. Apasalahnya yah nabung sedikit-sedikit dari sekarang. Biar kita bisa hidup dengan tenang gak dikejar-kejar kebutuhan.

Nah...kalian pembaca, apa kalian punya pemikiran yang sama dengan gue ato si temen gue yang tadi nanya-nanya. Sekedar saran, coba deh pikirin apa yang jadi pemikiran gue.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer